Latest News

Sunday, June 25, 2017

Mengintip Uniknya Perayaan Idul Fitri di India


Semaraknya Idul Fitri tidak hanya dirasakan di Indonesia, tapi juga diseluruh nefara dengan penfufuk beragama islam salah satunya India (Lintasaktual/Dirga)


Lintasaktual - Idulfitri merupakan sebuah perayaan hari besar bagi pemeluk agama Islam di dunia,''Setelah berjuang melawan haus dan lapar atau berpuasa selama satu bulan penuh,maka pada hari raya inilah semua umat muslim bergembira dan merayakan bersama orang-orang terdekat mereka.

Semaraknya Idul Fitri tidak hanya dirasakan di Indonesia saja,tapi seluruh negara dengan penduduk yang memeluk Islam,pasti memiliki tradisi perayaaan masing-masing,Dilangsir dari laman Lintasaktual.com,Sabtu (24/06/2017),India ternyata memiliki tradisi unik dalam menyambut Idul Fitri.

Sebelum menyambut Idul fitri,para gadis India akan menghias tangan dan kaki mereka dengan menggunakan henna yang indah,Tidak hanya para gadis ,anak-anak disana baik wanita maupun laki-laki juga ikut melukis tangan mereka dengan ucapan Eid Mubarak selain itu,akan ada bazar pakaian dan gelang berbagai warna pada malam hari sebelum perayaan lebaran.

Pada hari-H,mereka akan sholat berjamaah,berdoa bersama saling berpelukan dan bertukar hadiah,setelah selesai sholat,para pria akan berjalan menuju makam keluarga mereka yang meninggal dunia untuk berkunjung dan menghormati mereka.

Perayaan Idul Fitri ini tidak akan lengkap tanpa makan bersama anggota keluarga,Disini hidangan wajib yang ada pada saat lebaran adalah Sevaiyan,yaitu sepiring mie sohun yang disajikan dengan susu,buah kering dan saling menghormati satu sama yang lain.


Ditulis oleh Dirga ? Lintasaktual

No comments:

Post a Comment